GMORS

G-Times Articles

Kembali ke daftar

FKM Suhu Sangat Rendah untuk Memperpanjang Umur Sealing

2019 / 12 / 13
Solusi
28238

Dalam beberapa tahun terakhir, karena peraturan emisi otomotif, semakin banyak mesin mobil yang menggunakan teknologi Gasoline Direct Injection (GDI). Meskipun GDI dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi NOx, tekanan bahan bakar yang disuntikkan ke dalam ruang pembakaran berada pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Peningkatan tekanan akan mengakibatkan penurunan volume bebas molekul, yang menyebabkan peningkatan suhu transisi gelas (Tg) dari bahan elastomer. Peningkatan Tg akan terjadi pada pergeseran sekitar 1ºC (1,8ºF) untuk setiap peningkatan tekanan sebesar 52 bar (750 psi).

Ketika bahan elastomer mendekati suhu transisi gelas dalam kondisi layanan suhu rendah, ia mengalami perubahan fase dari fase seperti karet ke keadaan kaca, kehilangan elastisitasnya dan kemampuannya untuk bekerja di bawah tekanan karena menjadi lebih rapuh. Insiden paling terkenal yang disebabkan oleh kegagalan O-Ring adalah bencana pesawat ulang-alik Challenger pada tahun 1986. Segel O-Ring, yang terbuat dari FKM, tidak dirancang untuk menahan kondisi suhu yang sangat rendah pada saat peluncuran pesawat ulang-alik tersebut.

Pemilihan elastomer yang tepat untuk aplikasi penyegelan suhu rendah sangat penting. GMORS melakukan penelitian dan pengembangan yang ekstensif pada elastomer FKM suhu sangat rendah berdasarkan monomer perfluorinasi. Namun, persyaratan lain seperti set kompresi rendah, pembengkakan volume yang lebih rendah, ketahanan terhadap media kimia, dan sifat mekanik lainnya juga harus dipertimbangkan karena komponen sealing karet sering terpapar suhu, tekanan, dan media cairan yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

Seperti yang ditunjukkan pada Grafik 1 di bawah, kami mengembangkan formulasi bahan berdasarkan persyaratan pelanggan dalam hal warna, kekerasan, dan ketahanan suhu rendah. Di antara sifat-sifat tersebut, ketahanan suhu terendah dapat mencapai TR10: -45°C (-49°F) dan kekerasan SHORE A 60 ~ 90.

Selain memenuhi persyaratan suhu rendah pelanggan kami, seal kami juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap dekompresi gas cepat (RGD), media kimia, dan sangat tahan lama. Untuk pasar sumur minyak, senyawa bersertifikat NORSOK M710 RGD V9181AA (-40°C) dan V9194AA (-45°C) sangat direkomendasikan.

TR10 TR10:  -35˚C (-31˚F) TR10:  -40˚C (-40˚F) TR10:  -45˚C (-49˚F)
SENYAWA GMORS V7084AA V8084AC V8184AA V9084AA V6081AA V7081AA V7581AA V9181AA V7094AA V9194AA
Warna ⬤Hitam ⬤Cokelat ⬤Hitam ⬤Hitam ⬤Hitam ⬤Hitam ⬤Hitam ⬤Hitam ⬤Hitam ⬤Hitam
Kekerasan, (Shore A) 72 83 83 88 63 73 79 91 71 89.5
Uji Penyusutan Suhu Rendah, TR10 -35.9˚C -36.2˚C -35.4˚C -36.4˚C -40.6˚C -40.4˚C -40˚C -40˚C -44.5˚C -44.7˚C
Sertifikat Uji NORSOK M-710 dan ISO 23936-2 RGD X X X X X X X X

(Tabel 1)

Penggunaan seal tahan suhu rendah di pasar akan menjadi semakin meluas, terutama di pasar otomotif, dirgantara, dan sumur minyak. Dari pengembangan bahan karet hingga desain cetakan dan pembuatan produk akhir, GMORS berfokus pada konsep "Satu seal cocok untuk semua". (Tabel 2)

Penyegelan Jangka Panjang Kompatibilitas Kimia Suhu Rendah
  • Set Kompresi
  • CSR (Relaksasi Tegangan Kompresi)
  • Pengaman
  • Etanol
  • Metanol
  • Diesel
  • Biodiesel
  • Memastikan keamanan
  • Tekanan lebih tinggi
  • Penyegelan dinamis

(Tabel 2)

Selain ketahanan suhu rendah, produk kami juga dapat memenuhi persyaratan aplikasi   sealing dalam bahan bakar yang mengandung MeOH/EtOH dan dalam lingkungan aplikasi bahan bakar biomassa dan media lainnya. (Tabel 3). Pada saat yang sama, kami mempertimbangkan keamanan produk dan masa pakai produk yang paling diperhatikan oleh pengguna kami dalam menyediakan solusi sealing terbaik.

FKM suhu ultra-rendah telah meningkatkan ketahanan set kompresi bahan bakar dan kinerja suhu rendah
FKM suhu ultra-rendah telah meningkatkan ketahanan set kompresi bahan bakar dan kinerja suhu rendah
(Tabel 3)